google-site-verification=P7_xBqiVYiiiF-RKrUhnGci1YWarSOsyrjfxeEmvUFg

Perut Six pack dan Dada Bidang Di Mata Perempuan

Perut Six pack dan Dada Bidang Di Mata Perempuan

Photo by Alora Griffiths on Unsplash

Perut Six Pack dan Dada Bidang Di Mata Perempuan, Bagi lelaki, penampilan menjadi salah satu hal yang sangat penting. Terlihat tampan, macho, dan berwibawa akan menjadi nilai plus saat tampil di hadapan para perempuan. Salah satu hal yang menjadi fokus para lelaki adalah bentuk tubuh. Dada yang bidang, perut yang rata dan six pack, dan terlihat tegap menjadi dambaan setiap lelaki. Seringkali perut yang buncit dan terlalu lebar membuat lelaki kurang percaya diri. Alasan lelaki “fokus” pada penampilan khususnya bentuk tubuh adalah karena lelaki makhluk yang visual. Lelaki sangat memperhitungkan apapun bersasarkan apa yang mereka lihat. Dilihat dari sisi fisiologis, menurut Psikolog Bondan Seno Prasetyadi Yang dikutip dari laman okezone.com, lelaki merupakan makhluk yang visual karena lebih banyak menggunakan sisi rasional. Hal ini berbeda dengan perempuan yang lebih mengedepankan sisi emosional. Oleh karenanya, lelaki lebih melihat pada penampilan, sementara perempuan pada perasaan.

Dalam persepsi lelaki bentuk tubuh menjadi salah satu modal utama dalam menarik “mata” perempuan. Berbagai cara dilakulkan untuk mencapai hasil yang maksimal. Ngegym dan diet dilakukkan sampai terkadang sakit-sakitan. Bahkan tidak jarang, lelaki mengkonsumsi obat-obatan dan suplemen secara asal.

Berdasarkan fenomena ini, Mimin berusaha menguak lebih dalam bagaimana realita pandangan perempuan terhadap para lelaki yang memiliki tubuh yang bagus dan ideal. Oleh karenanya, Mimin sudah melakukan riset kecil-kecilan dengan menyebar survey kepada para perempuan pada tanggal 04 April 2020. Hasilnya terdapat 63 responden perempuan  yang mengisi questions form yang disebar secara online selama 24 jam. Usia responden adalah antara 15-24 tahun dengan kriteria 44 responden berstatus single, 15 resonden berpacaran, dan 4 responden menikah.

Diagram tentang suka tidaknya lperempuan dengan lelaki yang berotot

 

 

 

Pertanyaan pertama menyangkut pada kesukaan perempuan terhadap lelaki bertubuh bagus: dada bidang, perut six pack, dan berotot. Hasilnya, 13 responden menjawab suka, 10 responden menjawab tidak suka, dan 40 responden menjawab biasa saja atau netral.

 

Diagram tentang pilihan lelaki idaman: biasa atau berotot

Pertanyaan kedua berkaitan dengan lelaki idaman berdasarkan bentuk tubuh untuk dijadikan pasangan. Hasilnya, hanya 9 responden yang memilih pria bertubuh bagus dan berotot, dan 54 responden sisanya menginginkan pasangan yang bertubuh biasa.

 

Pertanyaan ketiga adalah alasan dari pertanyaan kedua. Hasilnya 29 responden memandang lelaki berbadan bagus dan berotot itu seram, geli, aneh, terlihat nakal, seperti gay, bukan kriteria, tidak sehat, dan lebih memilih kepada lelaki yang berbadan sedikit gempal. 12 responden memandang lelaki berbadan bagus dan berotot terlihat keren, lebih enak dilihat, lebih menjaga kesehatan, sexy, sebuah bonus, satu hobi, gagah, menggairahkan. Sisanya menjawab dengan kategori biasa saja dan diluar kategori pertanyaan seperti fisik bukan jaminan kebahagiaan, fisik tidak menentukan amal ibadah, fisik itu relatif, dan lain sebagainya.

Diagram tentang penting tidaknya lelaki menjaga bentuk tubuh

 

 

Pertanyaan keempat mengarah pada pentingnya lelaki menjaga bentuk tubuh. Hasilnya, 88,89% atau 56 responden menjawab penting. Sementara sisanya menjawab tidak penting.

 

Diagram tentang tingkat kebanggan perempuan ketika memiliki pasangan yang berotot

Pertanyaan kelima tentang tingkat kebanggan jika perempuan memiliki pasangan bertubuh bagus dan berotot. Terdapat 5 tingkat bintang dengan urutan worst, not good, neutral, good dan very good sebagai ukuran. 

Pertanyaan keenam mengarah pada pengetahuan para responden mengenai alasan para lelaki menjaga bentuk tubuh. Hasilnya 14 responden menjawab untuk kesehatan. 24 responden menjawab agar telihat menarik dan enak dilihat. 5 responden menjawab untuk menarik perhatian perempuan. 8 responden menjawab kesehatan, penampilan, dan menarik perhatian perempuan. 4 responden menjawab karena idealisme dan kebanggan lelaki. 1 responden menjawab agar kuat. 1 responden menjawab untuk menarik perhatian lelaki. Dan sisanya no comment atau tidak tahu.

Pertanyaan terakhir berkaitan dengan pendapat para responden tentang kelebihan lelaki berbadan bagus dan berotot. Hasilnya, 25 responden menjawab lebih menarik. 19 responden menjawab lebih sehat. 14 responden menjawab lebih kuat. 1 responden menjawab lebih disukai perempuan. 1 responden menjawab lebih nyaman untuk sandaran. Sisanya menjawab no coment atau tidak tahu.

Dari data-data di atas, bisa kita simpulkan bahwa perempuan lebih memilih lelaki dengan bentuk badan biasa saja. Sebagian perempuan memang mengagumi lelaki yang membentuk tubuh dengan batasan still in shape, atau tidak terlalu berotot. Bentuk tubuh yang “kotak-kotak” bagi sebagian perempuan sudah membawa kesan seram, apalagi yang besar seperti Hulk. Bahkan sebagian perempuan memandang lelaki dengan tubuh bagus identik dengan penyuka sesama jenis. Bagi mereka pasangan dengan bentuk tubuh yang bagus bukanlah sebuah jaminan untuk setia dan membawa kebahagiaan. Mimin rasa memang benar bahwa perempuan lebih mengedepankan aspek perasaan dibanding penampilan. Bagi para perempuan menjaga bentuk tubuh memang penting dengan alasan menjaga kesehatan dan kebugaran serta terhindar dari obesitas dan penyakit lain.

Dari sini Mimin rasa, Mimin dan kebanyakan lelaki sudah salah persepsi. Ternyata dada bidang, perut six pack, dan berotot bukan hal terpenting dan bahkan kebanyakan perempuan tidak mensyaratkan. Karena yang diinginkan oleh para perempuan adalah bentuk hati yang bagus yang tercermin dalam prilaku sehari-sehari. So sobs, teman-teman Mimin yang gerot dan berotot, itu lah pandangan perempuan terhadap “kita”. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *