google-site-verification=P7_xBqiVYiiiF-RKrUhnGci1YWarSOsyrjfxeEmvUFg

Makna dan Ciri Ikhwan Modus, Ukhti Harap Berhati-Hati!

Makna dan Ciri Ikhwan Modus, Ukhti Harap Berhati-Hati!

Makna dan Ciri Ikhwan Modus, Lembaga Dakwah Kampus (LDK) merupakan satu zona Islami yang memfasilitasi para ikhwan dan akhwat berkegiatan menyerukan dakwah Islam. Biasanya, LDK hanya diminati oleh mahasiswa-mahasiswa yang mempunyai semangat tinggi dalam perjuangan Islam. Berbeda dengan organisasi lainnya, LDK mempunyai standar kedisiplinan lebih tinggi, khususnya pada batasan antara ikhwan dan akhwat. Berdua-duaan walaupun dalam sebuah forum diskusi merupakan hal yang tabu untuk dilakukan, apalagi memiliki hubungan spesial. Meskipun demikian, LDK tetap tidak mampu menjaga pandangan anggotanya, khususnya para ikhwan. Mata mereka masih dapat menangkap kecantikan akhwat yang tertutup hijab rapat.

Cinta bersemi dalam sebuah organisasi merupakan hal yang wajar, begitu juga di dalam LDK. Namun yang harus kita tahu adalah cinta di antara anggotanya bergelora lebih hebat. Niat untuk memiliki bukan cuma sekedar dalam ikatan pacar, namun terikat dalam sebuah tali pernikahan. Hal ini dikarenakan mereka tidak mau pacaran karena telah mengerti larangannya berdasarkan ayat Al Qur’an. Sementara itu, godaan untuk mengetahui lebih dalam tentang doi membuat tinggi rasa penasaran. Dua hal ini lah yang pada akhirnya melahirkan “Ikhwan Modus”.

Ikhwan Modus adalah mereka yang anti pacaran tapi tetap ingin berdekat-dekatan. Spesifikasinya tidak harus ikhwan-ikhwan yang ada di LDK, tapi semua lelaki yang mengerti tentang batasan sebuah hubungan. Modus merupakan singkatan dari Modal Dusta. Apakah cinta seorang ikhwan yang diberikan kepada seorang akhwat hanya dusta belaka? jawabannya tidak juga. Cinta yang dibawa mungkin sebuah kesungguhan, hanya saja waktu dan kondisi status si ikhwan belum memungkinkan untuk membuktikan dengan pernikahan. Dalam kondisi seperti ini seorang ikhwan hanya bisa mendekati seorang akhwat sambil menjaga dari jarak jauh. Cara yang dilakukan mungkin hanya sebatas bertanya kabar, memberi perhatian, dan mengingatkan jangan lupa makan dan jangan lupa solat (padahal lagi dapet haha).

Pada dasarnya, dusta yang dilakukan seorang ikhwan bukan kepada akhwat yang dicintainya, tapi kepada Tuhan dan agamanya. Kok bisa? Islam telah memberi batasan yang jelas tentang hubungan antara lelaki dan perempuan. Halal dan haramnya tidak bisa dipungkiri atau dinego dengan berada di antaranya. Seorang Ikhwan Modus akan berdiri di antara keduanya dengan cara tidak pacaran, tidak berpedang tangan, tidak berdua-duaan, tapi tetap saling perhatian dengan ucapan sayang via sosial media. Padahal Islam telah memberi jalan untuk umatnya yang dilanda cinta dengan cara menikah, jika belum mampu maka dianjurkan untuk berpuasa.

Makna dan Ciri Ikhwan Modus
Seorang Ikhwan Sejati akan menikahi akhwat yang dicintainya, namun jika tidak mampu Ia akan berpuasa dan menjaga pandangannya

Seorang ikhwan yang sejati tidak akan membuang energi untuk bermain kata-kata mains, tapi langsung mendatangi walinya. Tapi jika memang belum mampu, Ia akan mencintaimu (girls) lewat mata yang diiringi doa setiap malamnya. Cintanya akan betahan sampai pada suatu masa Ia mampu memintamu dari orang tuamu, atau mendapatimu telah bersama orang lain. Sementara seorang Ikhwan Modus hanya bernafsu mendekatimu tanpa adanya sebuah kepastian kapan datangnya lamaran dan tetap menolak berstatus pacaran.

Oleh karenanya, Mimin ingin memberi tahu kalian para akhwat tentang 3 ciri saudara-saudara Mimin yang suka modus. Let’s check this out.

1. Biasanya Suka Mendengarkan Nasyd Bergenre Cinta

Memang, tidak semua ikhwan yang mendengarkan nasyd bisa dikategorikan sebagai Ikhwan Modus. Namun, nasyd bergenre cinta memberikan sebuah gambaran pernikahan dan perjuangan cinta yang sangat indah. Khayalan seorang ikhwan akan bermain di awan merefleksikan dirinya bagian dari cerita cinta seiring lirik lagu yang dinyanyikan. Karena termakan romantisme lagu, dorongan untuk mendekati akhwat yang dicintainya pun semakin besar.

2. Suka mengingatkan untuk mendekatkan diri pada Sang Pemilik Cinta

Makna dan Ciri Ikhwan Modus
Salah satu contoh chat Ikhwan Modus

Seorang Ikhwan Modus akan mendekati seorang akhwat dengan cara mengingatkan untuk beribadah lebih rajin. Ibarat panggilan solat, seorang ikhwan akan mengumandangkan adzan lewat chat whatsapp terkhusus untuk akhwat yang dicintainya. Di bulan Ramadhan seperti sekarang ini, notifikasi ikhwan modus akan lebih gencar. Sahur, tadarus qur’an, futur, dan tarawih akan selalu diingatkan. Alih-alih mengajak mendekatkan diri pada Sang Maha Cinta, Ikhwan Modus justru malah menjauhkannya.

3. Postingannya melulu tentang cinta syariah

Postingan tentang cinta yang berlandaskan syariat seringkali dibuat oleh para Ikhwan Modus. “Aku mencintaimu dalam diam, biarkan Tuhan menjadi saksinya” postingan dengan kata-kata seperti itu dibuat untuk menggambarkan suasana hatinya. Tujuannya tidak lain untuk dibaca oleh oleh akhwat yang dicintainya dan agar menjadi sebuah kredit bahwa Ia cocok untuk menjadi seorang Imam keluarga. Padahal seorang ikhwan sejati tidak akan berlaku demikian. Jika memang diam jalan mencintainya, Ia akan benar-benar diam dan mendoakan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *